Lindungi Punggung Saat Latihan


Apakah Anda aktif berlatih angkat beban? Apakah Anda tahu jika angkat beban sangat mengandalkan tulang dan otot punggung? Jangan pernah mengangkat berat tanpa mengetahui bagaimana cara untuk melindungi punggung saat latihan!

Para ahli di bidang fitness selalu meminta para fitness mania untuk meluruskan tulang belakangnya, karena hal ini memang sangat penting. Tulang belakang manusia terdiri dari lima bagian yang rentan terhadap kerusakan karena postur tubuh yang salah saat berlatih. Menegangkan tulang belakang saat melakukan latihan apapun akan sangat membantu menjaga punggung Anda tetap aman dan mampu mengangkat beban yang lebih berat.

Berikut ini ada 6 tips yang harus Anda ingat setiap kali melakukan latihan yang terdiri dari 3 tips gerakan yang benar dan 3 gerakan yang salah, yaitu:

BENAR

  1. Tekan Glutes Anda
    Dengan mengkontraksikan otot bokong, maka Anda telah “mengunci” engsel antara sakrum dan daerah lumbar, yang akan membuat punggung bawah dan pinggul bergerak bersamaan. Lakukan ini selama push-up dan plank, atau ketika Anda mendorong pinggul ke depan (seperti saat bangkit dari squat atau deadlift).
  2. Bersiaplah Terhadap Tekanan
    Ada banyak latihan yang melibatkan tulang belakang Anda. Tegangkan otot-otot bagian tengah tubuh Anda, kemudian cobalah untuk membuat diri Anda merentang setinggi dan selama mungkin. Hal ini akan membantu Anda menjaga fleksibilitas lumbar tetap kaku sehingga melengkung secara alami.
  3. “Kunci” Bahu Anda
    Tegakkan tubuh bagian atas Anda sehingga bahu Anda dalam kondisi statis. Hal ini membantu meluruskan punggung bagian atas, karena otot utama yang mengontrol bahu berada pada tulang belakang bagian atas.

SALAH

  1. Mengangkat Pinggul
    Tulang belakang lumbar adalah struktur punggung yang paling rentan. Itu karena ukurannya yang sempit dan ligamennya lebih lemah. Ketika pinggul Anda dalam posisi tertinggi, sendi ini akan mengalami overstretch, yang menyebabkan otot kejang dan kram serta nyeri pada punggung bawah.
  2. Memutar Punggung
    Memutar tulang belakang akan meningkatkan tekanan pada bagian depan tulang Anda. Hal ini akan membuat tulang keluar dari tempatnya.
  3. Hyperextending
    Menjaga tulang belakang tegang dan bahu Anda tegak ditarik ke belakang, untuk menghindari resiko hiperekstensi. Tubuh bagian bawah manusia dirancang untuk menangani beban ringan, kelebihan beban akan mengubah bentuk sendi yang menyebabkan resiko lainnya seperi kekakuan, nyeri, atau bahkan patah tulang.

Mulai kini, cobalah perhatikan kembali postur tubuh Anda ketika latihan untuk menjaga tulang punggung tetap sehat! Selamat berlatih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s