TIPS Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi


Peserta didik yang telah lulus dari SMA atau SMK dan jenjang sederajat akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri atau PTN maupun perguruan tinggi swasta atau PTS. Pada setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Memilih tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal, mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai didrop out (DO). Untuk itu sejak dini mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang diinginkan. Kalau sampai salah jurusan, akan menjadi bencana untuk masa depan.

 

1.     Menyesuaikan Cita-cita, Minat dan Bakat

Jika kita telah memiliki cita-cita tertentu, lihat jurusan apa yang dapat membawa kita menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Tapi kalau ternyata kita tidak memiliki bakat yang diinginkan, lebih baik jangan memaksakan dirinya.

2.     Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai pertimbangan kita untuk memilih jurusan. Banyak sumber ntuk menghasilkan informasi, yaitu orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, internet, dan lain-lain.

3.     Lokasi dan Biaya

Bagi kita yang hidup dalam ekonomi menengah atas tidak akan menjadi masalah untuk biaya. Sedangkan bagi orang yang hidup dalam ekonomi menengah bawah, lokasi maupun biaya akan menjadi masalah yang sangat diperhitungkan. Jika dana terbatas, maka lokasi kuliah yang dekat dengan tepat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu tinggi. Kalau dana yang masih ada belum mencukupi, carilah beasiswa, atau keringanan untuk mencukupi kebutuhan dana.

4.     Daya Tampung Jurusan atau Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN atau PTS favorit. Umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri kamu dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu bisa stres Andai tidak terpenuhi. Ukur kemampuan kamu untuk melihat sejauh mana peluang untuk menempati suatu jurusan di tempat favorit. Seleksi massal seperti UMPTN, SPMB, dan lainnya, dapat menjegal masa depan studi kamu kalau tidak dipersiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Kalau pada SPMB ada dua jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan kamu.

5.     Masa Depan Karir dan Pekerjaaan

Lihat ke depan setelah kamu lulus nanti. Apakah jurusan yang kamu ambil nanti dapat mengantar kamu untuk mendapat pekerjaan dan karir yang baik ? Sebab saat ini recruitment perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, tetapi juga pengalaman. Namun, kalau kompetensi, keberanian, dan kemampuan kamu jauh dari orang-orang normal, jurusan apa pun tidak akan menjadi kendala dan sah-sah saja. Biarkanlah hati dan akal sehat kamu berbicara tanpa ada campr tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang kamu percaya. Kuliah sangat menentukan masa masa depan kamu, selamat berjuang.

 

Diadopsi dari Tim Kompas, Jumat, 15 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s