Facebook Bisa Bangkitkan “Mood”


KOMPAS.com

Jika Anda merasa sedih dan melow, jangan menatap cermin untuk mengembalikan mood tetapi bukalah halaman Facebook Anda. Kesimpulan para peneliti dari Cornell University menyebutkan situs jejaring sosial ini sangat ampuh meningkatkan self-esteem.

Alasan dibalik efek positif Facebook (FB) ini cukup jelas, antara lain FB memudahkan kita memasang hanya hal-hal yang baik dan menyenangkan, misalnya foto. Selain itu FB juga bisa menggambarkan kita dalam sisi yang positif.

“Tidak seperti cermin yang mengingatkan kita siapa sebenarnya kita dan mungkin akan berdampak negatif pada rasa percaya diri jika gambaran itu tidak sesuai dengan standar ideal kita, FB bisa menunjukkan sisi positif dari diri kita,” kata Jeffrey Hancock, salah seorang peneliti.

Ia menambahkan FB, bukan dimaksudkan untuk menipu diri, tetapi hanya membantu kita menampilkan sisi-sisi positif dan menyaring hal-hal yang membuat kita merasa buruk.

Hancock dan timnya meminta 63 mahasiswa di Cornell untuk ambil bagian dalam eksperimen di laboratorium media sosial di Universitas tersebut.

Para mahasiswa dibagi dalam dua kelompok, ada yang duduk menghadap komputer yang menunjukkan profil mereka di FB atau duduk di depan komputer yang mati. Mereka yang menghadap komputer mati diberikan cermin. Mahasiswa di kelompok ketiga diminta mengedit profil FB mereka.

Kemudian para mahasiswa itu diminta mengisi kuisioner untuk mengukur self-esteem mereka. Hasilnya, mahasiswa yang melihat profil di FB mereka dan mengeditnya memiliki kadar self-esteem yang paling tinggi.

Para peneliti berpendapat mengedit profil di FB berarti kesempatan untuk mengoptimalkan presentasi yang baik tentang diri sendiri.

“Pengguna FB bisa memilah hal apa yang ingin mereka tampilkan tentang diri sendiri, termasuk foto dan informasi autobiografi. Mereka bisa menampilkan diri secara ideal,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s